WEB 3.0

Istilah ini mulai mendeklasikan diri sebagai generasi selanjutnya pengganti web 2.0 di dunia dotcom. Istilah web 3.0 berasal dari semantic web yang merupakan pengembangan world wide web dimana content web ditampilkan tidak hanya dalam format bahasa manusia yang umum tetapi juga dalam dalam format yang dapat dibaca dan digunakan oleh mesin. Beberapa format dan spesifikasi yang dikenal oleh mesin dalam sematic web antara lain adalah RDF (Resource Description Framework) dan OWL (Web Ontologi Language).

RDF

Dibalik tulang punggung web 3.0 salah satunya adalah format dan spesifikasi yang memungkinkan komunikasi dan interaksi pada level mesin, W3C (World Wide Web Consortium) mendefenisikan fotmat metadata yang dikenal dengan RDF (Resource Description Framework).

RDF terdiri dari tiga komposisi meliputi subject, predicate, dan object. Predicate merupakan komposisi yang menerangkan sudut pandang dari subject yang dijelaskan oleh object, sementara subject dan object merupakan entitas. Object didalam RDF dapat menjadi subject yang diterangkan oleh object lainnya. Dengan inilah object dpat berupa masukan yang dapat diterangkan secara jelas dan detail sesuai dengan keinginan pengguna yang memberikan maskan.

RDF telah digunakan pada aplikasi-aplikasi, antara lain :

1. RSS (RDF Site Summary)

RSS memberikan informasi update sebuah website tanpa pengunjung perlu mengunjungi website tersebut.

2. FOAF (Friend Of A Friend)

Didesain untuk mendeskripsikan orang-orang, ketertarikan dan hubungan mereka.

3. SIOC (Semantically-Interlinked Online Cumunities)

Menerangkan komunitas online dan menciptakan koneksi antara diskusi berbasis internet seperti message board, blog, maupun mailing list.

OWL

Web Ontologi Language atau OWL didesain agar dapat digunakan oleh aplikasi yang memproses informasi , OWL berbasis XML dan dapat dengan mudah dipertukarkan antara mesin dengan operating system yang berbeda dan bahasa aplikasi yang berbeda.

OWL memiliki sub-language (spesies) yaitu :

1. OWL Lite

Mendukung pengguna yang memerlukan klasifikasi hirarki dan dalam batasan yang sederhana.

2. OWL DL

Mendukung konstruksi seluruh OWL tetapi hanya dapat digunakan pada batasan tertentu.

3. OWL Full

Diperuntukan bagi pengguna yang menginginkan maksimum penggunaan dan kebebasan sintaksis.

Wajah Web 3.0

1. Realisasi Semantic Web

Semantic web cukup dipercaya sebagai wujud dari web 3.0, dengan kecerdasan buatan, web 3.0 diharapkan akan merealisasikan konsep semantic web dan menjadi generasi seanjutnya dari WWW.

2. Evolusi 3D

Tidak mengherankan bahwa kemampuan 3D selau merupakan cerminan masa depan, evolusi 3D telah terjadi pada game, animasi dll, walaupun saat ini amsih belum mengubah mayoritas wajah web.

3. Web sebagai Database

Web 3.0 diharapkan website merupakan database dan tentunya senakin interaktif dan dinamis kepada pengunjung atau dinamakan dengan DataWeb

4. Executable

Pada web 3.0 menambah hak anda menjadi executable, mengizinkan anda untuk memodifikasi website itu sendiri.

0 komentar: