WEB 2.0

Istilah Web 2.0 telah dikenal pada konferensi O’reilly media web 2.0 pada tahun 2004, istilah ini diartikan sebagai versi baru dari World Wide Web (WWW) yang telah dikenal luas sejak era dot com.
Keunikan web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis pada industri komputer yang dikarenakan oleh perpindahan internet menjadi sebuh platform.

Level Web 2.0

Web 2.0 terbagi atas empat level aplikasi yaitu :

1. Aplikasi level 3

Tersedia pada internet semakin efektif sejalan semakin banyaknya pengguna. Ex : eBay, Wikipedia, Adsense dll

2. Aplikasi level 2

Dapat beroprasi secara offline, tetapi akan diperoleh beberapa keuntungan jika dioperasikan secara online. Ex : Photo sharing flickr.

3. Aplikasi level 1

tersedia secara offline, tetapi mengharuskan untuk online jika ingin mengakses fitur-fitur tertentu. Ex : iTunes, Google Docs.

4. Aplikasi level 0

Dapat berkerja secara online maupun offine.Ex : MapQuest, Google Maps dll.

Fitur Teknologi Web 2.0

1. Rich Internet Application

Rich Internet Application (RIA) meupakan aplikasi website yang memiliki fitur dan fungsi seperti aplikasi desktop. Umumnya RIA dapat berjalan pada web browser tanpa instalasi software tertentu. Dengan keuntungan menjadikan website memiliki user interface yng lebih kaya dan responsif.

2. Folksonomy

Sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag yang menjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya merupakan hiperlink yang kana mengarahkan anda pada sekumpulan item yang berhubungan dengan tag tersebut.

3. Mashup

Aplikasi web yang melakukan kombinasi data yang berasal lebih dari satu sumber, disajikan dalam satu kontent. Ex : google Maps.

4. Software Wiki/Forum

Software wiki atau forum digunakan untuk membantu pengguna menciptakan contentnya sendiri dan berkolaborasi satu sama lain. Ex : Wikipedia

5. Syndication

Umumnya syndication menyediakan web feed dari sebuah website para penggunanya, sehingga pengguna dapat mengetahui content terbaru tanpa mengunjungi website tersebut.

Prinsip Web 2.0

1. Service

Bagi penggunanya, Web 2.0 bukan merupakan sebuah software paket, tetapi web 2.0 adalah service dengan skalabilitas biaya yang efektif.

2. Control

Pengontrolan unik web 2.0 menjadikan content web 2.0 menjadi semakin kaya, seiring dengan semakin banyaknya pengguna.

3. Kepercayaan

Pengguna web 2.0 merupakan co-developer web 2.0. dalam hal ini terjalin kepercayaan antara penyedia web 2.0 dengan penggunanya.

4. Kepandaian Kolektif

Mengarahkan website untuk memanfaatkan kepandaian secara kolektif merupaka salah satu kelebihan web 2.0. aktivitas yang dilakukan pengguna membuat website berkembang secara organik.

5. Long Tail.

Web2.0 menciptakan kurva long tail yang memberikan variasi pilihan yang tidak terbatas.

6. Level Software diatas device.

Pc tidak lagi menjadi satu-satunya device untuk aplikasi internet dan aplikasi yang hanya terbatas pada sebuah device menjadi kurang bernilai dibandingkan dengan aplikasi yang terkoneksi dengan internet.

7. Kemudahan

Dukungan kemudahan pada web 2.0 mencakup user interface, model programmingmaupun model bisnis.

Dengan berbagai hal yang dijelaskan diatas, website web 2.0 menghasilkan kontributor tanpa saling mengenal satu sama lain, dari berbagai latar pendidikan dan budaya telah mampu bersama-sama memelihara eksistensi website web 2.0

0 komentar: