Media Indonesia. Selasa, 27 Mei 2008

Penekanan makna dan proses pendidikan tidak hanya sekadar tuntas dengan program wajib belajar pendidikan dasar (wajar dikdas) 9 tahun. Lebih dari itu, pendidikan juga melingkupi hal lain yang menjadi cikal bakal, dalam regenerasi kepemimpinan terutama, dalam hal memberikan bekal dan keterampilan kepada para pemuda.

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault mengatakan hal itu, pada seminar nasional memperingati Hari Pendidikan Nasional dan 100 tahun Kebangkitan Nasional, di Kampus Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Jakarta

Adhyaksa mengkritik arah kebijakan pendidikan yang lebih menekankan wajar dikdas 9 tahun, sementara pendidikan yang bisa berupa bekal keterampilan kepada para pemuda sebagai cikal bakal pemimpin bangsa terabaikan. “Ini bisa kita lihat, dari anggaran pendidikan yang lebih terfokus pada Departemen Pendidikan Nasional, hingga puluhan triliun rupiah, namun di Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga hanya Rp500 miliar,” ujarnya.

Kondisi ini menyebabkan output yang dihasilkan hanya mencetak insan-insan yang intelektual di bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi, dan hanya menjadi seorang bermental pegawai, tanpa ada upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan. “Padahal, jika anggaran pendidikan itu disebar ke kementerian lain, seperti Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, maka bisa digunakan untuk pelatihan wirausaha, bagi para pemuda yang belum memiliki pekerjaan, khususnya di pedesaan, dan menciptakan usaha, hingga akhirnya menjadi pemiliki modal di daerahnya masing-masing,” kata Menpora.

Hasilnya pun nantinya, kata Adhyaksa, akan dirasakan oleh bangsa Indonesia pribumi, karena bisa menjadi raja di negeri sendiri. “Tidak seperti sekarang, kelompok pemilik modal, dari dulu, ya itu-itu saja, para pemain lama. Sedikit sekali, orang-orang kita yang menguasai modal,” ujar Menpora.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

waaaah.... ebat...
jaman kami dulu alun tau internet wakatu sma..... kini malah anak smalam alah punyo web blog... selamat... hebat..!! TQ aan